Info Sekolah
Kamis, 28 Okt 2021
  • Wajib melaksanakan 5 (lima) M : 1. Memakai Masker; 2. Menjaga Jarak; 3. Mencuci Tangan; 4. Menjauhi Kerumunan; 5. Membatasi mobilitas.

Masjid Nurul Hidayah

Masjid berada di dalam area sekolah. Untuk mendukung pelayanan terhadap jamaah, masjid dilengkapi dengan peralatan sound system yang memadai, yang sekaligus merupakan tempat aktifitas keagamaan.

Alhamdulillah kita memiliki masjid sendiri, demikian ungkap beberapa guru di SMK Negeri 1 Gunung Jati. Memang selintas kata-kata ini tidak begitu istimewa, namun jika kita renungkan begitu banyak sekolah yang tidak memiliki masjid di lingkungan mereka sendiri, kebanyakan anak-anak beribadah di kelas masing-masing bahkan harus keluar gerbang sekolah jika harus sholat jumat. Jika sekolah saja tidak memiliki masjid dan apalagi untuk sekolah yang tidak menggunakan kata Islam di papan namanya, bisa dipastikan tidak memiliki sarana ibadah bagi mayoritas agama yang dipeluk oleh siswa disekolah tersebut, padahal sekolahnya fullday (sampai sore hari).
Untuk itu sebuah qodarullah yang harus di sukuri ketika SMK Negeri 1 Gunung Jati memiliki masjid yang cukup besar yang bisa menampung ratusan jamaah.

Ada setidaknya 10 (sepuluh) manfaat masjid bagi pendidikan anak-anak usia sekolah yaitu:

Pertama. Sekolah termasuk SMK Negeri 1 Gunung Jati memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan Islam yang baik termasuk sarana tempat ibadah yang betul seperti masjid.

Kedua, anak-anak akan mencintai masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman dan khusu’.

Ketiga, pembelajaran ibadah dapat dilakukan dengan baik dan betul karena arah kiblatnya betul dan bisa melihat orang dewasa yang beribadah dengan batul pula.

Keempat, dapat menyampaikan keanak-anak kalau ibadah shalat wajib itu harus berjamaa

Kelima, membiasakan siswa tertib sholat di masjid agar saat di rumah juga bisa melakukan yang sama, jika memungkinkan juga mengajak ayah, bunda dan anggota keluaga lainnya untuk shalat di masjid.

Keenam, mengajarkan siswa bagaimana beradab yang baik selama berada di masjid.

Ketujuh, menjadi citra yang baik bagi sekolah Islam jika memiliki masjid.

Kedelapan, keamanan siswa lebih terjamin dibandingkan dengan harus keluar gerbang khususnya saat sholat jumat.

Kesembilan, membangun kebersamaan antar semua karyawan dan guru, karena pasti bertemu minimal saat sholat berjamaah.

Kesepuluh, bentuk kontribusi yayasan Islam terhadap masyarakat, dimana penduduk sekitar sekolah juga menggunakannya untuk beribadah dan lainnya.

Untuk itu perlu kita syukuri ketika SMK Negeri 1 Gunung Jati memiliki masjid sendiri, mari kita maksimalkan peran masjid yang sudah terbangun megah ini.

(Telah dilihat: 104 kali)

Agenda

31
Des 2021
30
Sep 2021
waktu : 07:00

Maps Sekolah

Pengumuman

Diterbitkan :
KUESIONER TRACER STUDY BAGI STAKEHOLDERS
(Koresponden adalah pihak yang berkepentingan/menggunakan jasa Alumni SMK Negeri 1 Gunung Jati) Yang terhormat user/pengguna..
Diterbitkan :
Hasil Seleksi PPDB 2021 Tahap II
(Telah dilihat: 138 kali)
Diterbitkan :
RAPOR 10 TBSM 1 Semester Genap
(Telah dilihat: 297 kali)