Info Sekolah
Sabtu, 01 Okt 2022
  • Wajib melaksanakan 5 (lima) M : 1. Memakai Masker; 2. Menjaga Jarak; 3. Mencuci Tangan; 4. Menjauhi Kerumunan; 5. Membatasi mobilitas.

Pelajaran Serta Keteladanan Dari Para Pahlawan

Selasa, 11 Juli 2017 Oleh : riads

Apakah pahlawan kita yang berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan mengharapkan diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia ? Tentu jawabannya TIDAK. Akan tetapi sebagai generasi penerus bangsa tentunya kita harus dapat melaksanakan harapan para pahlawan kita dengan mengisi kemerdekaan yang sudah mereka rebut dengan susah payah dengan mengorbankan harta, benda, bahkan jiwa raganya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat jasa para pahlawannya, peringatan hari pahlawan merupakan momentum yang baik untuk meneladani pahlawan kita dan mengaplikasikannya kedalam sikap dan perilaku kita di dalam mengisi kemerdekaan ini, antara lain :

  1. Semangat Nasionalisme dan Patriotisme yang tinggi. Dewasa ini sangat sedikit dari putra putri komponen anak bangsa yang memiliki semangat nasionalisme, bahkan rasa bangga menjadi bangsa Indonesia sudah tidak ada lagi karena sedikitnya prestasi bangsa ini dimata dunia internasional. Di tingkat pemerintahanpun rasa nasionalismenya juga menurun terbukti dengan alasan ekonomi global dan untuk go publik menjadikan perusahaan milik pemerintah yang notabene untuk mensejahterakan rakyatnya dijual ke investor asing.
  2. Persatuan dan Kesatuan. Kalau dilihat sekarang rasa persatuan dan kesatuan sudah dibilang tidak ada lagi. Dari segi pemerintahan banyak kebijakan yang lebih mengutamakan golongannya saja dan tidak memperhatikan apakah kebijakan tersebut akan merugikan pihak lain. Begitu juga adanya gesekan di masyarakat seperti perkelahian pelajar maupun tawuran antar kampung sering sekali terjadi.
  3. Kebersamaan dan Tanggung jawab. Sekarang ini rasa kebersamaan juga apalagi tanggung jawab bisa dikatakan nyaris tidak ada. Sebagai contoh lihat saja suatu pemerintahan daerah banyak diantara mereka antara gubernur, bupati, maupun walikota dengan wakilnya tidak sejalan. Di samping itu juga diantara mereka kurang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
  4. Cinta Tanah Air. Kepedulian terhadap bumi pertiwi kita Indonesia Juga luntur, sebagai contoh orang yang mempunyai potensi demi kemajuan bangsa ini lebih memilih berkarir di luar negeri dengan alasan kurangnya perhatian pemerintah dan kecilnya gaji yang diperoleh.
  5. Rela berkorban tanpa pamrih. Terlebih lagi semangat rela berkorban yang dicontohkan para pahlawan yang rela berkorban apa saja bahkan nyawanya, sekarang boro-boro berkorban tapi justru yang dipikirkan bagaimana bisa dapat untung. Contohnya sangat banyak….. Oleh karena itu mari kita sama-sama merenung dan bertindak sesuai dengan kapasitas kita masing-masing dalam mengisi kemerdekaan ini dengan meneladani para pahlawan kita. Bravo Indonesia…
(Telah dilihat: 301 kali)

Agenda

21
Mar 2022
waktu : 07:00
11
Mar 2022
waktu : 07:00

Maps Sekolah

Pos Terbaru

PT DAEHAN GLOBAL
1 minggu yang lalu
PT DAEHAN GLOBAL ( Garmen )
1 minggu yang lalu
Loker CV Cahaya Prima Mandiri
1 bulan yang lalu

Pengumuman

Diterbitkan :
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2021/2022
Cara melihat pengumuman kelulusan siswa secara online: Masuk ke portal SMKN 1 Gunung Jati https://srv67.smkn1gunungjati.sch.id/pilih..
Diterbitkan :
Lowongan kerja PT Minori di bidang Scaffolding
Lowongan pemagangan 3 Tahun di bidang Scaffolding (Pria) Kualifikasi Pria Usia 19 – 27 tahun..
Diterbitkan :
Lowongan Kerja PT Minori di bidang manufaktur
Lowongan pemagangan 1 Tahun di bidang manufaktur (Pria) Kualifikasi Pria Usia 19 – 29 tahun..